Pasang Iklan

Efek buruk gonta-ganti template

Kalau kita bicara mengenai SEO ,pasti para blogger sudah tidak asing lagi, terutama para blogger yang aktif dalam melakukan kegiatan didunia maya. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai pengertian SEO. SEO merupakan kependekan dari"Search Engine Optimization" Mungkin dilihat dari artinya ,sobat sudah bisa mendefinisikan bahwa SEO adalah upaya untuk meningkatkan posisi blog disearch engine dengan memanfaatkan search engine itu sendiri menggunakan meta tag dan meta keyword tertentu. Itulah pengertian sederhana tentang SEO.

Template memang seringkali menjadi bagian yang paling menarik dari blog. Dengan template yang cantik, bisa dipastikan pengunjung akan semakin betah berlama- lama di blog Anda, sebaliknya dengan template yang semrawut dan berat alias harus lola, belum dapat informasi yang dicari eh.. pengunjung malah lari terbirit-birit kabur dari blog kita. 

Nahhh, maka dari itu kita harus pintar- pintar dan selektif dalam memilih template. Meski demikian, satu hal yang harus diingat adalah jangan terlalu sering mengganti template blog, kalau terlalu sering mengganti template dapat menyebabkan kerugian- kerugian tersendiri bagi blog anda sobat.

Berikut ini beberapa efek buruknya:

Mneurunya kualitas SEO
Salah satu akibat buruk sering mengganti template blog adalah jelek di mata Google atau menurunkan kualitas SEO. Hal ini karena seiring dengan berubahnya template, maka tata letak link ( sitelink ) pun berubah- ubah sehingga membingungkan google untuk melacak link- link dalam blog kita. Jika pada blog yang lama sitelink sudah mudah dilacak Google dengan mudahnya, kemudian mengganti template dalam periode tertentu, maka google pun harus bekerja keras agar sitelink kembali terlacak.

Membingunkan Visitor

Terlalu sering mengganti template ternyata berpengaruh juga dengan visitor atau pengunjung. Beberapa visitor yang biasanya betah berlama- lama di blog kita kemudian bisa saja pergi secepat kilat karena merasa bingung kok templatenya berubah terus.

Burubahnya Gadget
Jika kita sudah menggunakan template blog dalam waktu yang lama, tentu kita sudah memiliki banyak gadget yang terpasang dalam blog kita. Kita memang dapat mempertahankan gadget blog yang terpasang dalam elemen laman. Akan tetapi, kita akan lupa atau merasa kesulitan jika harus memindahkan gadget blog yang terpasang dalam HTML template blog kita seperti verifikasi meta tag untuk daftar blog di Google, daftar blog di Bing, dsb.

4 comments:

  1. waduhh saya jg sering gonta-ganti template eg...
    gak qu ulangi lg dechh hehe

    thankz ya gan infonya?

    ReplyDelete
  2. Sama-sama gan, trimaksih sudah berkunjung :)

    ReplyDelete
  3. baru sekitar 4 jam rubah beberapa script bawaan dari template,,, eh,, sitelinknya malah berubah,, malah ga nongol

    ReplyDelete

Janga lupa KLIK juga tomblo G+ yang ada di pojok kanan atas :D

Dan berkomentarlah yang baik dan NO SARA, NO SPAM, dan sebaiknya jangan menggunakan account "anonim"